Soccer School Jakarta – Proball Mastery . Popularitas Olahraga Sepakbola memang sangat besar, dari waktu ke waktu. Bisa dibilang permainan sepak bola telah membudaya diseluruh penjuru dunia, dan uniknya sepak bola terkesan adalah olahraga yang cair dan dapat dimodifikasi.  Beberapa hasil modifikasi permainan sepak bola yaitu Futsal dan Mini Soccer/Sepakbola Mini.

 

Sama dengan dalam permainan sepak bola biasa, para pemain sepak bola mini juga bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya agar dapat memenangkan sebuah pertandingan. Gerakan dasar dalam permainan mini soccer hapir sama dengan sepak bola biasa, antara lain : menendang (kicking), mengumpan (passing), mengontrol (controlling), menggiring (dribbling), dan menembak (shooting).

Yang jadi pembeda adalah, Mini Soccer dengan sepak bola biasa adalah dalam sepak bola mini lebih menekankan pada penguasaan gerakan mengontrol dan mengumpan bola-bola pendek. Hal itu disebabkan karena dalam sepak bola mini dilakukan di lapangan yang lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepak bola biasa.

Mini Soccer juga merupakan materi wajib untuk setiap klub sepakbola dan juga paling pentingnya di terapkan di Akademi Sepakbola seluruh dunia. Karena menurut kutipan dari “The FA Football Development Programme Mini-Soccer Handbook” yang merupakan pedoman untuk mengetahui lebih jauh terkait permainan mini soccer. Dalam pedoman ini, The Football Association bekerja sama dengan berbagai lembaga sepak bola anak untuk dasar memperkenalkan permainan dengan frekuensi bermain lebih kecil dan tiang gawang yang diperkecil serta pemain yang lebih sedikit.

Mini soccer baru empat tahun yang lalu berkembang di Indonesia. Federasi Sepak Bola Mini Indonesia (FSMI) diresmikan pada 2016. Karena banyaknya penggemar dan semakin populer dikarenakan alasan yang kurang lebih sama seperti olahraga futsal bahwa penyewaan lapangan mini soccer dan futsal cenderung lebih murah dan mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia khususnya di Jakarta. Salah satunya KINGKONG MINI SOCCER ARENA.

Lapangan Mini Soccer berbentuk sama seperti Sepakbola, namun secara ukuran lebih kecil yaitu,  50m x 20m dalam standart nasional dan 50mx30m dalam standarisasi Internasional.

Untuk bermain Mini Soccer, ini adalah beberapa aturan yang bisa kamu ketahui, yaitu :

  • Lama bertanding : 2 x 20 menit dengan waktu istrahat 10 menit.
  • Bola yang digunakan ukuran No 4 (empat).
  • Pemain Sepak Bola Mini (7 pemain inti dan 3 cadangan).
  • Pergantian pemain bebas (tidak ditentukan jumlahnya).
  • Jumlah pemain dalam permainan adalah 7 lawan 7.
  • Jika terjadi draw biasanya langsung diadakan tendangan pinalti (tidak  menggunakan perpanjangan waktu)
  • Penggunaan kartu merah dan kartu kuning tidak diberlakukan, jika ada pemainyang melanggar hanya diberi peringatan saja.
  • Offside tidak diberlakukan.

Pastikan juga kamu menyiapkan sepatu yang cocok dengan lapangan Mini Soccer, karena kebanyakan lapangan Mini Soccer berbeda dengan Futsal. Lapangan Mini Soccer biasa berlantaikan Rumput Sintetis jadi pastikan ya kamu memakai sepatu yang tepat untuk lapangan rumput.

Jadi kapan kita main Mini Soccer?

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply