Soccer School Jakarta – Proball Mastery , Banyak atlet dari beberapa cabang olahraga menggunakan Knee pad untuk melindungi lututnya. Mulai dari atlet skateboard, bola voli, bola basket, bahkan bisbol mengenakan pelindung lutut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Demikian juga dengan atlet futsal, terutama mereka yang berposisi penjaga gawang.

Knee Pad atau pelindung lutut adalah salah satu perlengkapan yang bisa dibilang esensial untuk penjaga gawang futsal. Karena sama seperti atlet voli, Penjaga gawang futsal sering meluncur di permukaan lapangan yang keras. Tanpa perlindungan dari knee pad, lutut bisa tergores. Serta juga risiko lain yang selalu mengintai penjaga gawang futsal (dan pemain bola voli) adalah benturan keras dengan permukaan lapangan. Tanpa perlindungan dari knee pad, kemungkinan cedera bisa lebih besar.

Satu pasang perlengkapan lain yang sama pentingnya dengan knee pad bagi seorang penjaga gawang futsal adalah elbow pad. Fungsinya serupa dengan knee pad yaitu melindungi dari gesekan dan benturan namun ini untuk bagian siku tangan.

Dalam permainan futsal, seorang penjaga gawang akan lebih sering meluncur ke depan (menggunakan lutut) ketimbang ke samping (menggunakan lengan dan tubuh bagian samping) namun bukan berarti hal ini tak akan terjadi. Baik untuk lutut maupun siku, perlindungan ekstra tetaplah perlu.

Knee pad sangat di perlukan untuk melindungi lutut karena lutut adalah sendi terbesar dalam tubuh kita. Sebagai penyokong hampir seluruh berat tubuh, peran lutut begitu krusial untuk semua jenis aktivitas tubuh bagian atas. Secara alami lutut terlindungi dari kerusakan berkat adanya tempurung lutut, namun tempurung lutut sendiri sangat rentan akan kerusakan.

Cedera lutut adalah perkara gawat. Kerusakan pada sendi penting ini adalah mimpi buruk bagi para atlet karena semua tindakan dan semua langkah yang mereka ambil menjadikan lutut sebagai tumpuan utama.

Maka dari itu fungsi utama penggunaan knee pad dan elbow pad adalah melindungi lutut dan siku penggunanya, tentu saja kedua pasang pelindung ini memiliki syarat wajib yaitu harus terbuat dari material yang empuk (untuk meredam benturan) dan tebal (agar kuat ketika bergesekan dengan permukaan lapangan) tebal namun di saat yang bersamaan tidak membatasi pergerakan sendi-sendi penggunanya. Selanjutnya Elastisitas knee pad dan elbow pad perlu diperhatikan pula.

Jadi syarat utama Knee Pad dan Elbow pad yang baik adalah :

  • Cukup empuk untuk meredam efek benturan
  • Cukup tebal untuk tidak rusak ketika bergesekan dengan permukaan lapangan
  • Dan cukup elastis untuk mendukung fleksibilitas penggunanya.

Jadi jika kamu sedang berlatih atau berjuang untuk menjadi atlit pro, Yuk pastikan perlengkapan kamu sudah ada Knee Pad dan Elbow Pad.

Carilah referensi dan review produk Knee pad dan Elbow Pad yang baik dan sesuai kebutuhan kamu. Karena saat ini sudah banyak produsen yang memproduksi Knee Pad dan elbow pad dengan keunggulannya masing-masing.

SALAM SEMANGAT!

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola
sekolah bola artikel

Leave a Reply