Soccer School Jakarta – Dalam permainan sepak bola dan futsal tentu saja yang menjadi skill dasar ketika bermain salah satunya adalah teknik menendang bola. Karena salah satu faktor untuk memasukkan bola ke gawang kepanyakan bertumpu pada keahlian tendangan ini. Setiap pemain profesional tentu memiliki teknik menendang yang berbeda dengan cara yang berbeda pula.

Bisa kita lihat teknik menendang bola yang berbeda ditampilkan oleh para pemain sepak bola dunia seperti Christiano Ronaldo, Lionel Messi, Andrea Pirlo, Alesandro Del Piero, David Beckham, sampai pemain legendaris Pele dan Maradona. Mereka memiliki keahlian tersendiri dalam menendang bola.

Salah satu teknik menendang bola yang legendaris dan efektif yaitu adalah teknik melengkungkan bola. Teknik ini terbukti telah sering mengecoh kiper dan sulit di taklukan. Tujuan menggunakan teknik tendangan melengkung ini adalah menipu lawan akan datangnya arah bola. Yang dimana seharusnya bola mengarah kekanan, dengan teknik ini bola akan berbelok mengarah ke kiri.

Pada dasarnya setiap orang bisa melakukan tendangan bola yang melengkung ini. Hanya saja perlu kiat dan latihan yang intens. Menendang bola melengkung ini tidak hanya dikuasai oleh pemain sepak bola kelas dunia saja, orang biasa pun juga bisa berlatih dan melakukannya. Karena Secara teori, menendang bola melengkung ini bisa dipelajari, mengingat bola yang bentuknya bulat ini bisa menciptakan sebuah orbit atau lintasan. Lalu bagaimana cara melakukanya? Inilah hal penting yang harus di perhatikan dan latih agar kamu bisa membuat tembakan kamu melengkung.

  • Posisi Kepala, posisi kepala ketika akan menendang bola sangat penting. Posisi kepala ini terkait dengan cara kita merekam kondisi lapangan, melihat dimana posisi lawan dan teman kita berada. Jika sudah merekam itu semua, kepala diarahkan ke bola dengan mata mengoordinasi bagian bola mana yang akan ditendang.
  • Posisi Kaki, bila kaki Anda berada di posisi bagian depan bola, maka bola yang ditendang akan berjalan lurus dan mendatar saja di tanah. Bila kaki Anda berada di posisi bagian samping bola, bola tidak akan terlalu kuat lajunya. Namun, jika kaki Anda berada di posisi belakang bola dipastikan hasilnya bola akan melambung tinggi.
  • Sisi Bola, sisi bola yang akan ditendang juga sangat berpengaruh dengan arah atau lajunya bola. Bila menendang sisi kiri bola hasilnya bola akan melengkung ke arah kanan. Bila Anda menendang tepat pada bagian tengah bola, bola yang Anda tendang akan bergerak lurus ke depan. Bila menendang sisi kanan bola, maka akan melengkung ke kiri. Jadi, perhatikan sisi bola mana yang akan Anda tendang.
  • Kekuatan Kaki, kekuatan kaki Anda tentu saja menjadi syarat utama keberhasilan menendang bola melengkung ini. Sehingga laju bola ditentukan seberapa kuatnya tendangan yang dilakukan oleh kaki Anda.
  • Bagian Kaki untuk Menendang, tahukah Anda, jika kaki bagian dalam bisa menghasilkan tendangan yang akurat, terutama ketika akan memberikan umpan atau passing ke teman. Jadi, gunakan kaki bagian dalam untuk menendang bola.
  • Cara Menendang Bola, cara menendang bola dengan bagian kaki yang berbeda akan menghasilkan arah tendangan yang berbeda pula. Setidaknya ada beberapa cara menendang bola yang sangat jitu, yaitu menendang dengan bagian dalam kaki, sisi luar kaki, punggung kaki atau kura-kura, punggung bagian dalam kaki, bagian tumit, serta ujung jari kaki atau ujung sepatu.

Jadi, sudah siap berlatih dan menunjukkan skill kamu di saat pertandingan? Yuk, asah lebih dalam skill kamu di tempat khusus untuk mengembangkan skill dan teknik olah bola PROBALL MASTERY, dan jadilah pembeda dalam tim kamu.

Other Articles

sekolah bola artikel
sekolah bola artikel

Leave a Reply