Football School Jakarta – ProBall Football, Timnas Sepakbola Indonesia akhirnya mengakhiri penantian Panjang mereka untuk tampil kembali di Pentas Piala Asia. Indonesia berhasil lolos dengan status runner up group A babak kualifikasi piala Asia, menyingkirkan kandidat kuat sekaligus tuan rumah Kuwait. Keberhasilan ini lantas disambut dengan suka cita oleh seluruh pencinta sepakbola Indonesia, dimana harus menanti selama 15 tahun untuk berlaga kembali di Piala Asia, dimana di keikutsertaan terakhirnya di 2007 saat mereka menjadi tuan rumah.

Pada awalnya timnas asuhan Coach Shin Tae Yong ini kurang begitu diunggulkan karena harus melawan kekuatan negara timur tengah yaitu tuan rumah Kuwait dan Jordania. Namun status Underdog ini menjadi pemicu semangat Garuda untuk membungkam semua prediksi dan itu langsung terbukti dibabak pertama, dimana mereka berhasil menjungkalkan tuan rumah Kuwait dengan skor 2-1. Walau tertinggal lebih dahulu oleh tuan rumah namun Indonesia langsung merespon dengan cepat dan berhasil menyamakan kedudukan melalui penalty Marc Klok. Pada awal babak kedua Rahmat Irianto berhasil membuat Indonesia unggul 2-1 dan keunggulan ini berhasil di pertahankan sampai pertandingan Usai dan membuat Asa Indonesia lolos sangat terbuka.

Ujian berat lainnya hadir di pertandingan group kedua, Indonesia berjumpa Jordania dengan pertandingan yang tersaji sangat ketat. Kedua tim berpacu meraih kemenangan kedua untuk semakin mengamankan posisi untuk lolos. Namun saying gol pemain Jordania Yazan Al-Naimat di awal babak kedua gagal dibalas oleh Indonesia. Indonesia terlihat kesulitan membongkar pertahanan Jordania, dan sempat beberapa kali terancam oleh serangan terstruktur dari Jordania. Skor 0-1 pun menjadi akhir dari pertandingan kedua di Group A dimana dalam pertandingan lainnya Kuwait membuka asa untuk lolos dengan menghempaskan Nepal.

Indonesia dalam posisi sulit karena dari 6 group hanya akan diambil 5 Runner-up terbaik saja, dimana saat itu Indonesia ada di posisi ke 6 runnerup terbaik dengan poin 3 dan selisih gol 0 (2 gol – 2 kebobolan), mau tidak mau kemenangan atas Nepal adalah harga mati untuk timnas Indonesia untuk meraih asa untuk lolos.

Pertandingan ke tiga pun datang, Indonesia seperti mulai dinaungi keunggulan setelah pada pertandingan lainnya yang sudah digelar beberapa jam sebelum match Indonesia vs Nepal, Kuwait terjungkal oleh Jordania 0-3 sedangkan Philipina dihempaskan Palestina dengan Skor 4-0. Ini membuat motivasi pemain Indonesia berlipat. Laga pamungkas inipun menjadi ajang para pemain Garuda untuk menunjukkan bahwa mereka masih bisa menjadi salah satu kekuatan yang harus diperhitungkan.

Pada laga di Jaber Al-Ahmad International Stadium itu, Indonesia berhasil mengungguli Nepal dengan 7 gol tanpa balas. Witan Sulaeman tampil bagus dengan mencetak dua gol. Sementara, lima gol Timnas Indonesia lain masing-masing dicetak oleh Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan.

Hasil ini membuat Indonesia meraih enam poin dan mengamankan posisi kedua klasemen Grup A. Indonesia berada di bawah Yordania yang menjadi juara grup. Indonesia pun lolos ke Piala Asia 2023. Sebagai runner up terbaik kedua.

Kesuksesan Timnas Indonesia pun membuat AFF total memiliki 5 wakil di Piala Asia 2023. Mereka adalah Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Australia. Kelima tim itu akan bersaing melawan 19 tim lain yang tak kalah kuat di Piala Asia 2023. Di antaranya, ada Jepang yang paling awal memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023. Kemudian, ada Suriah, Qatar, Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, China, dan masih ada banyak lagi lainnya.

Berikut Daftar 24 Tim yang Lolos ke Piala Asia 2023:

1. Jepang

2. Suriah

3. Qatar

4. Korea Selatan

5. Australia

6. Iran

7. Arab Saudi

8. Uni Emirat Arab

9. China

10. Irak

11. Oman

12. Vietnam

13. Lebanon

14. Yordania

15. Indonesia

16. Palestina

17. Uzbekistan

18. Thailand

19. India

20. Hong Kong

21. Bahrain

22. Malaysia

23. Tajikistan

24. Kyrgyzstan

Hal menarik lainnya adalah ada kemungkinan bahwa Indonesia bisa menjadi Tuan Rumah Piala Asia 2023 dikarenakan tuan rumah sebelumnya China mengundurkan diri karena terjangan Pandemi. Karena setelah mundurnya China, Indonesia sempat ditawarkan untuk menjadi tuan rumah tapi urung diterima karena belum pasti lolos untuk tampil di Piala Asia dan juga karena alas an waktu yang berdekatan dengan Piala Dunia U20.

2023 akan menjadi momen menarik untuk banyak pencinta sepakbola tanah Air, karena timnas Indonesia akan berlaga di laga besar. Menarik kita tunggu apakah Indonesia bisa membuat sejarah di edisi piala Asia nanti?

Selamat untuk Garuda, Terima kasih sudah berjuang dengan hati!

Other Articles

sekolah bola artikel

Leave a Reply