Soccer School Jakarta – Proball Mastery ,  Minggu ini kompetisi terbesar futsal digelar, Futsal World Cup 2021. Walau namanya belum sebesar saudarnya Sepakbola, namun futsal semakin memikat hari banyak orang dari tahun ke tahun. Kejutan dan Intensitas tinggi adalah menu utama disetiap pertandingan Futsal, tak pelak menjadikan kompetisi tertinggi ini sangat dinantikan oleh banyak penggemar, setelah sempat mengalami penundaan akibat pandemi.

Lithuania dipilih menjadi tuan rumah di gelaran kali ini dan tentu saja menjadi kesempatan besar sang tuan rumah unjuk kebolehan alih-alih menjadi tim tuan rumah saja. Sementara itu juara bertahan Argentina akan memulai kampanyenya untuk mempertahankan gelar juara sekaligus mengukuhkan diri menjadi raja futsal dunia untuk kali ke 2.

Piala Dunia Futsal kesembilan ini akan dilaksanakan di tigakota, yaitu Kaunas, Vilnius, dan Klaipeda. Ada 52 pertandingan, terdiri dari 36 pertandingan putaran grup, 8 pertandingan 16 besar (Perdelapan Final), 4 pertandingan perempat final, 2 pertandingan semifinal, 1 pertandingan perebutan tempat ketiga, dan 1 pertandingan final perebutan Juara. Piala Dunia Futsal hampir sama dengan Piala Dunia Sepakbola yang digelar dalam 4 tahun 1 kali, namun tahukah kamu jika pada awalnya Piala Dunia Futsal pertama dan kedua hanya berselisih 3 tahun. Piala Dunia Futsal pertama diadakan ditahun 1989 di Belanda. Tahun yang sama saat FIFA menjadi induk futsal.

Berikut daftar tuan rumah dan peraih gelar juara Piala Dunia Futsal sejak 1989.

1989 di Belanda juaranya Brazil

1992 di Hong Kong juaranya Brazil

1996 di Spanyol juaranya Brazil

2000 di Guatemala juaranya Spanyol

2004 di Cina Taipei juaranya Spanyol

2008 di Brazil juaranya Brazil

2012 di Thailand juaranya Brazil

2016 di Kolombia juaranya Argentina

Sampai saat ini, peraih piala dunia terbanyak jatuh pada Brazil dengan 5 kali juara, disusul Spanyol dengan 2 piala juara, dan Argentina dengan 1 tropi juara.

Pada edisi kali ini tentunya perjuangan juara bertahan tidaklah mudah, Brazil dan tim unggulan lain seperti Spanyol dan Portugal menargetkan Juara. Belum lagi tradisi kejutan dalam Futsal sungguh sangat memungkinkan bisa terjadi berkat peta kekuatan kuda hitam yang sulit diprediksi. Negara seperti : Kazakhstan, Iran, Jepang,  Mesir, sampai tuan rumah Lithuania sangat mungkin bisa menjadi batu sandungan negara-negara unggulan.

Event besar seperti FIFA Futsal World Cup 2021 memang selalu ditunggu-tunggu para atlet karena memberikan pengalaman dan pelajaran berharga untuk mengembangkan karir. Nah menurut kamu negara manakah yang akan merebut juara dunia futsal kali ini?

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola
sekolah bola artikel

Leave a Reply