Sekolah Sepakbola Jakarta – Skills Dribbel sesorang pemain sepak bola merupakan sebuah kombinasi dari keunggulan, kecepatan dan ketepatan menggiring bola yang menjadikan sebuah team mampu lebih berpeluang untuk memenangkan sebuah pertandingan. Banyak dari pemain dunia saat ini mempunyai skills dribble yang sangat mengagumkan, nama – nama seperti Messi, Cristian Ronaldo, Eden Hazard dan Neymar yang mempunyai gaya ikonik saat mendribbel bola. Artikel kali ini mengajak kamu untuk membongkar rahasia untuk bisa mempraktekan langsung dan mengasah skills dribbe agar kamu bisa naik level menjadi penggiring bola ulung.

 

Walaupun saat ini seluruh aktivitas luar sangat terbatas, namun ternyata kamu bisa meningkatkan skill dribbling kamu dengan berlatih dari rumah.

Nah, berikut adalah hal yang bisa kamu perhatikan dan latih secara rutin dirumah untuk mengasah skill Dribbling kamu :

1. Berlatihlah menggiring bola dengan seluruh sisi kaki,

Buatlah jarak di halaman rumah mu atau ruang kosong di sekitar rumahmu untuk melakukan dribbling ringan bulak-balik dengan menggunakan seluruh sisi kaki. Hal ini baik dilakukan karena kamu akan terbiasa dengan posisi bola yang tidak efektif. Melatih menggiring bola dengan semua sisi kaki juga pasti mempermudah kamu mengatur arah bola juga yang pasti untuk mengelabui lawan. Selain itu latihan ini juga akan melancarkan sentuhan kamu terhadap bola.

 

2. Latihan kecepatan dengan lari sprint dan zig – zag,

Masih tetap seperti setting area latihan pertama, cobalah untuk sprint ringan dikombinasikan dengan zig -zag. gunakan pembatas untuk lari zig zag menggunakan alat sekitar kamu, seperti botol minum atau sandal.

latihan ini berguna untuk mendapatkan kemampuan mengoontrol bola dan mengimbangi kecepatan laju bola. Bukan cuma aspek tehnik kamu bisa melatih stamina dengan latihan lari, sehingga mendapatkan stamina yang ideal.

 

3. Melatih menggiring dengan kaki lemah

Latihan ini bertujuan untuk mengantisipasi jika posisi anda sedang terdesak musuh atau menghadapi posisi bola yang berada disisi kaki lemah. Pemain yang bisa menggiring bola dengan ke dua kakinya akan menjadi pemain yang efektif menembus pertahanan lawan.

 

4. Latihan menggiring dengan cone atau rintangan buatan yang ada di sekitar rumah

ini berguna untuk melatih sesuai dengan pertandingan aslinya dimana kamu dituntut untuk menggiring bola melewati rintangan, selain menyempurnakan dribble kamu juga akan mendapatkan kelincahan / agility.

 

5. Tentukan Irama dribble bola kamu

 Menentukan irama saat membawa bola sangat penting untuk menguasai bola di dalam lapangan, pace dan agility akan sangat berguna di tambah irama dribble yang sangat baik membuat anda satu langkah menjadi pemain professional.

 

6. Ketenangan

saat mendrible bola juga di butuhkan ketenang dan hindari sikap panik karena sikap panik mebuat kamu mudah kehilangan bola.

 

7 Kosentrasi dan sikap sigap

Kedua hal yang penting bagi pemain sepak bola adalah Kosentrasi dan sikap sigap menghidarkan kesalah yang sering di buat dan kehilangan bola disaat penting.

 

Jika kamu melatih gaya drible yang baik dan benar maka kamu bisa mengukuhkan diri sebagai seorang pemain sepak bola yang sukses di masa depan, jangan lupa untuk mengoreksi diri sendiri supaya kekurangan yang kamu punya dapat di atasi karena setiap kekurangan bisa di atasi dengan berlatih dan berusaha dengan giat.

Walaupun sedang pandemi, kamu bisa juga harus melatih bakat dan skill bola kamu, jangan sampai kamu kehilangan sentuhan magis kamu saat bermain bola. Tapi ingat, tetaplah patuhi protokol kesehatan. Latihan di rumah saja dahulu, atau kamu bisa mengikuti latihan online Proball Mastery, Sekolah khusus skill sepakbola dan futsal

klik disini untuk informasi lebih lanjut

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola
sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply