Pandemi akibat Virus Covid-19 belum juga usai, Baru-baru ini sejumlah kota di Indonesia salah satunya Jakarta melakukan  kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berarti akan kembali mebatasi ruang aktifitas masyarakat. Pembatasan ini bertujuan untuk menekan angka infeksi virus yang akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan. Efek dari pembatasan ini tentunya sangat di rasakan oleh sepakbola akar rumput yang harus mencari cara yang efektif namun tetap aman bagi generasi muda yang mencintai olahraga khususnya sepakbola. Agar tetap terjaganya peluang untuk melahirkan bakat-bakat terbaik sepakbola dalam negeri, selain itu juga agar anak-anak tetap bugar dengan tetap aktif walau di rumah saja.

Sepakbola adalah olahraga dengan kontak fisik yang sangat intens, maka dari itu perlu perhatian dan treatmen khusus untuk membangun latihan yang tidak hanya efektif namun juga aman dari penyebaran virus. Beberapa inovasi dilakukan salah satunya program pelatihan digital, mulai dari pelatihan satu arah dengan mengandalkan video tutorial dari beberapa platform seperti youtube, sampai program pelatihan interaktif dengan menggunakan platform video conference seperti zoom. Inovasi ini diharapkan bisa tetap menjaga asa anak-anak untuk mengejar mimpinya di olahraga yang mereka cintai dan juga mengajak anak untuk tetap aktif sehingga kebugarannya terjaga dan tentunya itu akan meningkatkan imunitas tubuh.

Walau dilakukan secara online, namun tidak menutup kemungkinan anak tetap bisa menyalurkan dan mengembangkan bakatnya. Berikut tips untuk tetap efektif walaupun belajar melalui platform digital :

1. Siapkan kondisi fisik

Walau belajar dengan metode online, namun jangan sampai kamu menganggap akan mudah mengatur fisik. Belajar online membutuhkan fokus yang dimana itu membutuhkan kondisi fisik yang baik. Jangan lupa mengkonsumsi makanan bergizi minimal 2 jam sebelum memulai latihan online. Serta pastikan kamu beristirahat yang cukup sebelum sesi latihan online di mulai.

2. Antisipasi faktor teknis dan non teknis

Pembelajaran online  tentunya membutuhkan beberapa equipment penting seperti gadget, koneksi internet, alat-alat latihan yang di butuhkan dan lainnya. Buat latihan kamu lebih optimal dengan mempersiapkan alat-alat yang di butuhkan serta jangan lupa untuk menyiapkan tempat yang bisa membuat kamu lebih fokus untuk menjalani latihan online.

3. Siapkan botol air minum kamu

Walau sedang latihan dirumah, kamu harus tetap menyiapkan botol minuman kamu agar kamu bisa menjaga diri kamu dari resiko terkena dehidrasi saat sedang berlatih. Selain itu menyiapkan botol minuman bisa membuat kamu tidak melewati sesi latihan karena kamu bisa menjangkaunya dengan mudah. Jangan sampai kamu melewati sesi latihan walau hanya sebentar untuk mengambil minum yang berada di luar jangkauan area kamu saat itu.

6. Sediakan Waktu Lebih untuk Review Materi

Nah, ini penting banget nih. Kamu harus sediakan waktu yang lebih banyak untuk melakukan review materi latihan yang kamu jalani saat latihan online interaktif. Review ini penting karena terkadang, materi yang disampaikan melalui kelas online akan lebih sulit untuk dipahami jika dibandingkan dengan kelas onsite. Maka dari itu menjelang akhir sesi latihan instruktur latihan pasti akan melakukan review materi agar latihan yang di lakukan bisa terserap secara efektif.

Saat ini berinovasi adalah jawaban untuk segala bidang termasuk pengembangan grassroot. Salah satu inovasi ini juga di jalankan oleh Proball Mastery dan ANFA Futsal, dengan membuat video training session yang di harapkan bisa menjadi panduan bagi orang tua yang ingin mengajak anak-anak untuk ingin latihan dirumah/area yang dapat dijangkaunya, video training ini bisa di akses  di Youtube Channel Proball Mastery dan ANFA Futsal Akademy ( kamu bisa klik tulisannya untuk melihat channel Youtube)

Selain itu Proball Mastery dan ANFA juga memiliki program latihan online interaktif yang bernama Intensive Home Workout dimana tujuannya agar bisa menjadi sarana pelatihan skill dasar sepakbola dan futsal serta menu latihan futsal dan sepakbola profesional yang bisa di lakukan di rumah. Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Coach Akash Nathani yang sudah berpengalaman dan memiliki lisensi kepelatihan resmi. Intensive Home Workout ini dibagi untuk anak dibawah 6 tahun (U-6) dan usia 6-14 tahun. Serta program ini juga memiliki tingkatan lanjutan untuk anak-anak yang terpilih untuk mengikuti Elite Session yang berisi menu latihan lebih fokus dengan intensitas yang tinggi.Program ini terbuka untuk umum, kamu tertarik? Klik disini untuk mencobanya.

Other Articles

Uncategorized
sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply