Kompetisi sepakbola eropa akan segera bergulir, salah satunya liga premier Inggris yang akan bergulir akhir pekan ini (12/9). Liga Inggris atau Premier League merupakan salah satu liga sepak bola terbaik dunia. Premier League memang jadi liga paling populer dan paling banyak ditonton di seluruh dunia. Edisi musim ini bisa menjamin keseruan dan intensitas yang membuat adrenalin penggemarnya akan semakin bergelora.

Premier League termasuk salah satu liga terbaik di Eropa. Tahun 1888 menjadi musim pertama dalam sejarah Liga Inggris, meski kemudian kompetisi ini mengalami perubahan nama dan format, hingga menjadi Premier League sejak tahun 1992. Dengan hak siar TV dan sponsor besar, Liga Inggris menjadi liga paling komersil di dunia dimana klub-klubnya memiliki kekayaan yang besar.

Manchester United menjadi klub juara Liga Inggris terbanyak dengan total 20 gelar juara, 13 di antaranya di era Premier League. Liverpool meraih 19 gelar juara, termasuk juara musim 2019-2020 lalu. Sedangkan Arsenal meraih 13 gelar juara. Klub lain yang pernah menjadi juara khusus di era Premier League saja yaitu Chelsea, Manchester City, Blackburn, dan Leicester City.

Di musim ini, ada 3 tim promosi yang berpartisipasi, antara lain adalah Leeds United, West Bromwich Albion, dan Fulham. Mereka menggantikan posisi Bournemouth, Watford, dan Norwich City yang terdegradasi di musim 2019-2020 lalu.

Di mulai dengan kembalinya klub klasik Leeds United yang kembali mengarungi ketatnya persaingan teratas sepakbola Inggris, termasuk berjumpa dengan rival klasik mereka Manchester United. Kedua klub punya kultur yang menjadi rivalitas klasik yang sangat panas. Jangan lupakan juga tim promosi lainnya yang berpotensi menjadi kuda hitam dengan semangat sepakbola inggrisnya yang kental, West Bromwich dan klub asal london yang enggan di lupakan Fulham. Kembalinya 3 tim tersebut dari divisi championship bisa menjadi garansi semakin serunya liga Inggris musim ini.

Di musim 2020-2021, Liverpool bertindak menjadi juara bertahan. Bersama lima klub lain – Manchester City, Chelsea, Manchester United, Arsenal, Tottenham – mereka berenam menjadi favorit utama juara EPL. Sementara klub-klub seperti Leicester City, Wolverhampton, dan Everton diprediksi bisa membuat kejutan.

Berikut ini merupakan info daftar nama-nama klub Liga Inggris yang berpartisipasi di Premier League musim 2020-2021.

1       Arsenal     

2       Aston Villa

3       Brighton & Hove Albion       

4       Burnley     

5       Chelsea    

6       Crystal Palace   

7       Everton     

8       Fulham     

9       Leeds United

10     Leicester City

11     Liverpool

12     Manchester City

13     Manchester United

14     Newcastle United

15     Sheffield United

16     Southampton     

17     Tottenham Hotspur

18     West Bromwich Albion        

19     West Ham United       

20     Wolverhampton Wanderers

Di lantai transfer juga seluruh kontestan juga sibuk menyusun skuad terbaiknya. Dalam kategori ini tak ada tim yang lebih sering menghiasi headline berita sepakbola selain Chelsea. Setelah musim lalu sukses lolos ke Liga Champion dan menduduki peringkat ke 4, klub asuhan legenda Chelsea Frank Lampard membidik prestasi lebih musim ini. Segenap pemain berusia emas. Kedatangan Timo Werner (RB Leipzig), Hakim Ziyech (Ajax),  Ben Chilwell (Leicester), Malang Sarr (Nice), serta Kai Havertz (Bayer Leverkusen) ditambah pemain sarat pengalaman Thiago Silva (PSG) bisa membuat tambahan amunisi yang menakutkan uyntuk musuh-musuh Chelsea.

Selain itu ada Manchester United yang sudah mengamankan tanda tangan pemain muda Belanda dari Ajax Amsterdam Donny Van de Beek, serta menambah masa pinjaman striker Odion Ighalo. Manchester City juga nampaknya masih berupaya melihat celah dari mustahilnya transfer Lionel Messi ke Etihad Stadium, meski mereka sudah mendapatkan Ferran Torres (valencia), Nathan Ake (bournemouth), Pablo moreno (juventus).

Transfer sibuk juga tak hanya terjadi di sudut biru london, namun tim london lain juga mendaratkan pemain untuk memperkuat skuadnya. Tottenham asuhan Jose Mourinho sukses mendatangkan Pierre-Emile Hojbjerg (Southampton), Joe Hart (Burnley) dan Matt Doherty (Wolves).  Sedangkan sudut merah London menggaet Willian (Chelsea),Salah-Eddine (Feyenoord), Pablo Mari (Flamengo),Gabriel (Lille)Dan kembali meminjam Dani Ceballos (Real Madrid).

Sementara di Merseyside nampaknya Liverpool sudah cukup puas dengan skuad juara mereka sehingga hanya mendatangkan Konstantinos Tsimikas (Olympiacos) Kontra dengan klub tetangga, Sudut biru Merseyside yang di latih pelatih kawakan Carlo Ancelotti merapihkan skuad khususnya di lini tengah dengan mendatangkan Niels Nkounkou (Marseille), Allan (Napoli), James Rodriguez (Real Madrid), Abdoulaye Doucoure (Watford).

Masih banyak lagi pemain yang belum tertulis di artikel ini yang siap merasakan kerasnya kompetisi liga inggris, karena semua klub kontestan Premier League tercatat mendatangkan pemain baru. Mereka semua bersiap memberikan yang terbaik untuk meraih hasil yang maksimal untuk timnya. Jadi menurut kamu siapa yang akan menjuarai kompetisi teratas liga terpopuler ini?

Other Articles

Uncategorized
sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply