Di saat pandemi yang belum berakhir ini, banyak kekhawatiran yang timbul di banyak orang. Tidak hanya kekhawatiran tentang kesehatan fisik mereka tapi juga kesehatan mental. Kondisi seperti ini memang sangat rentan bagi orang-orang untuk mengalami masalah kesehatan mental, salah satunya adalah rentan mengalami stress.  Jika di tilik dengan keadaan saat ini, banyak faktor yang bisa memicu seseorang mengalami stress ringan sampai berat, yaitu mulai dari kekhawatiran akan kesehatan diri (takut tertular), terbatasnya interaksi dan aktifitas sosial, beban pekerjaan,kekhawatiran akan kehilangan pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Stres yang dialami oleh seseorang dapat berdampak signifikan terhadap fisik dan mentalnya. Secara fisik, ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan epineprin. Kedua hormon tersebut merupakan hormon depresan yang mampu meningkatkan energi dan tekanan darah secara bersamaan ketika seseorang menerima tekanan. Ketika kedua hormon tersebut diproduksi oleh tubuh secara terus-menerus, maka tubuh akan menngalami gangguan fisik. Gangguan fisik yang dimaksud dapat berupa penurunan sistem kekebalan tubuh, sakit kepala, detak jantung semakin cepat, otot-otot menegang dan apabila berlangsung lama bisa jadi mengalami tekanan darah tinggi atau bahkan serangan jantung.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stress dan kembali memperbaiki suasana hati. Namun tahukah anda, bahwa suasana hati ternyata dapat diperbaiki dengan cara berolahraga? Ya, olahraga selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati.

Dengan berolahraga, tubuh dapat menurunkan produksi hormon kortisol dan epineprin. Dan sebagai gantinya, hormon norepineprin akan diproduksi sebagai antidepresan. Olahraga yang dilakukan secara rutin terbukti efektif menurunkan kedua hormon tersebut. Bahkan, melalui olahraga yang rutin tubuh akan memproduksi hormon serotonin dan endorfin yang dikenal sebagai hormon bahagia.

Berikut beberapa ide olahraga pilihan untuk anda jalani disaat pandemi, seperti :

1. Berjalan Kaki

2.Bersepeda

3. Yoga

4. Joging

Selain 4 rekomendasi olahraga tersebut, anda juga tetap bisa berlatih olahraga kegemaran anda seperti sepakbola dan futsal, yang tentunya berfokus pada individual training terlebih dahulu. Dikarenakan masih sangat rentan untuk olahraga dengan full kontak fisik ini dilakukan dalam group besar.

Secara umum, kita dianjurkan untuk berolahraga sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, dengan durasi setidaknya 30 menit setiap kali latihan. Namun jangan lupa, tetap patuhi protokol kesehatan di saat berolahraga khususnya di ruang publik. Tetap sehat untuk kita semua.

Other Articles

sekolah bola artikel
Mau kemana, Messi ?
Uncategorized

Leave a Reply