Pandemi Covid-19 yang belum juga membuat banyak event olahraga tahun ini tertunda, salah satunya event olahraga futsal dan sepakbola. Baru-baru ini AFF  mengambil keputusan untuk membatalkan semua gelaran sepakbola dan futsal di tahun 2020 dan di rencanakan akan di undur pagelarannya pada tahun 2021.

Menurut berita dari mmtimes.com , ASEAN Football Federation (AFF) dikabarkan menunda semua event sepak bola dan futsal di tahun 2020. Informasi senada juga dikemukakan oleh Jenderal Manajer Federasi Sepakbola Myanmar, U Ko Ko Thein. Ia menyatakan jika semua event di AFF ditunda ke 2021.

Dalam futsal sendiri, AFF yang sebenarnya sudah menunda AFF Futsal Championship dan juga AFF Futsal Cup.  AFF Futsal Cup yang biasanya diadakan di bulan Juli pada kemudian diundur ke Desember. Sehingga dengan adanya penundaan di 2020 maka AFF Futsal Cup 2020 pun ditunda ke 2021. Sementara AFF Futsal Championship 2020 sudah dipastikan diundur ke Januari 2021. Hal ini juga termasuk pagelaran AFF under 16.

Ajang Futsal bergengsi seantero asia tenggara ini sudah dipastikan untuk di gelar di Thailand. Namun para penggear futsal nampaknya harus lebih bersabar untuk melihat aksi ciamik dari pemain-pemain futsal idolanya untuk berlaga.

Hal serupa juga terjadi di sepakbola,  Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) telah mengumumkan penundaan ajang Piala AFF 2020. Piala AFF edisi 2020 akan diundur hingga tahun 2021 mendatang. 

Piala AFF yang pada awalnya dijadwalkan pada November 2020 diputuskan untuk di undur dan di rekomendasikan untuk digelar pada April 2021. AFF memutuskan mengundur ajang dua tahunan tersebut dengan didasari oleh situasi yang belum memungkinkan terkait pandemi Covid-19 yang melanda negara-negara ASEAN. Keputusan ini diambil setelah Komite Gugus Tugas Piala AFF menggelar diskusi.

Komite Gugus Tugas Piala AFF mengadakan diskusi ekstensif sebelum mencapai keputusan ini. “Sejak permulaan Covid-19, AFF telah secara ketat memantau panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, lembaga pemerintah, FIFA dan AFC,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth dikutip dari ASEAN Football, Kamis (30/7).

“Seperti yang Anda ketahui, pandemi ini terus menimbulkan tantangan kesehatan, sosial, dan ekonomi yang sangat besar bagi kita semua,” terangnya.

Dia mengatakan prioritas utama AFF adalah kesehatan dan keselamatan keluarga sepak bola dan mengurangi dampak pandemi ini. Dengan risiko penyebaran Covid-19 tetap tinggi, AFF menyimpulkan bahwa Piala AFF 2020 tidak bisa dilanjutkan.

Namun pengunduran jadwal yang menjadi April 2021 ini mendapat reaksi oleh Indonesia, beberapa faktor yang menjadi pemberat menurut Yunus Nusi, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI yaitu,  pada saat yang hampir berdekatan juga Indonesia harus bersiap untuk menjadi tuan rumah final Piala Dunia U-20 2021 yang dimulai pada Mei tahun depan.Selain itu ada pertimbangan pada saat itu sudah mulai memasuki bulan ramadan yang dimana akan diprediksi berjalan dari 23 April hingga 23 Mei 2021. Saat ini PSSI sedang mengirimkan proposal rekomendasi terkait hal tersebut kepada AFF.

Dengan diundurnya pagelaran olahraga terbesar se asia tenggara dan tentunya sudah sangat di nanti oleh pencinta olahraga futsal dan sepakbola ini mungkin bisa kita jadikan momen bersama untuk lebih fokus mempersiapkan diri dan saling menjaga dengan harapan yang sama, semoga pandemi ini cepat berlalu. Dan baru kemudian kita kembali bergelora mendukung tim kesayangan kita.

Other Articles

sekolah bola artikel
Uncategorized

Leave a Reply