Akurasi sebuah tendangan adalah atribut penting yang bisa menjadi penentu sebuah pertandingan. Baik dalam bentuk sebuah passing atau shooting ke gawang langsung. Sepakbola modern saat ini adalah cerminan dimana sebuah aksi baik secara individu maupun tim sangat berpengaruh dengan akurasi bola yang di alirkan setiap lininya. Jika berbicara tentang itu tengoklah tim yang sukses di mulai dari medio 2000an, kebanyakan adalah tim yang tampil dengan aksi passing dan finishing yang akurat.

Tengok saja bagaimana tiki-taka ala Pep Guardiola dapat menjadi sebuah nyawa dewa bagi Manchester City saat ini, dan tentu saja bagi tim yang pernah di asuhnya terdahulu. Atau di 3 tahun ini kita bisa tengok bagaimana Liverpool memiliki gaya bermain yang bisa membuat gentar tim lawan. Dua contoh tim tersebut tidak hanya mengandalkan kolektifitas namun juga akurasi dari setiap alur bola yang di suplai dari tiap pemain sampai pada akhirnya di eksekusi dengan penyelasaian akhir yang tak jarang mengundang decap kagum penonton.Atau tengoklah gol terbaik yang sering bermunculan di linimasa social media dan youtube, pasti atraksi dari sebuah akurasi tendangan selalu menjadi menu wajib di konten video tersebut dan pasti ada gol dari Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Luis Suarez sampai van Persie yang memang memiliki akurasi tendangan dan penyelesaian akhir yang jempolan.

Secara harfiah akurasi ialah ketepatan bola sampai pada target yang di tuju dengan pendaratan yang baik dan sempurna. Akurasi berkaitan erat dengan ketepatan jarak titik tembak dan kekuatan tembakan, oleh karena itu untuk meningkatkan akurasi tendangan diperlukan latihan menendang dan latihan fisik terhadap otot-otot kaki.

Berikut tips meningkatkan akurasi tendangan yang bisa kamu coba :

  • Latih otot kaki dengan cara melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum latihan/pertandingan di mulai, ini akan membuat kaki lebih kuat dan memiliki power yang tinggi serta mecegah terjadi cedera.
  • Lakukan latihan menendang secara berkala, misal 2 kali dalam 1 minggu perlu berlatih bola dengan lawan atau pun tanpa lawan.
  • Gunakan kaki yang dianggap paling kuat/dominan
  • Posisi kaki berada di samping atau di depan bola
  • Lihat target yang akan dituju kemudian Fokuskan mata ke bola
  • Cari titik bola yang tepat
  • Lebarkan kaki namun jangan terlalu jauh
  • Cari ruang ideal untuk menembak
  • Kemudian tembakan langsung bola dengan power terukur, namun lakukan dalam timing dan momen yang tepat.

Akurasi tendangan juga bisa di kembangkan hingga menjadi sebuah senjata pamungkas, seperti Finesse. Sebuah trik tendangan akurat yang sering digunakan oleh pemain-pemain profesional. Kamu bisa pelajari lebih lanjut di video berikut :

Selamat berlatih!

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola
Uncategorized

Leave a Reply