Menggunakan sepatu yang tepat saat berlatih atau bertanding  futsal/mini soccer di lapangan indoor sangat di butuhkan. Sepatu yang di design sesuai dengan keadaan lapangan dapat menunjang pergerakan anda di lapangan. Akseslerasi dan fleksibilitas anda akan lebih maksimal dengan sepatu yang tepat tentunya dengan kontur lapangan yang ada.

Mungkin hal yang umum diketahui banyak orang, pembeda sepatu sepakbola (outdoor) dengan futsal/mini soccer yang dilakukan di lapangan indoor yaitu pada sepatu yang digunakan. Perbedaan itu terdapat pada bagian sol sepatunya, di sepatu sepak bola terdapat pul yang berfungsi sebagai penguat pijakan kaki pada tanah supaya tidak licin, sedangkan futsal menggunakan sol karet yang berfungsi sebagai penguat pijakan kaki saat bermain di lantai atau rumput sintetis dan membuat mirip dengan sepatu kets biasa. Namun sepatu futsal juga memiliki jenis sol berbeda lho, yang di sesuaikan berdasarkan jenis lapangan indoor yang digunakan.

Lapangan futsal memiliki 2 jenis yaitu Vynile (matras) dan rumput sintetis. Dari 2 material ini tentunya memiliki keunikan dan karakteristik yang cukup menonjol. Berdasarkan keunikannya pastinya aksi bermain futsal kamu akan lebih maksimal jika alas sepatu kamu sesuai dengan karakter lapangan tersebut. Ada banyak sekali versi sepatu yang di produksi oleh produsen sepatu, mulai dari tipe/ model, bahan upper, bahan dan jenis sol, kualitas dan lain sebagainya.Khusus di artikel ini kami akan membahas tentang jenis-jenis sol/alas sepatu futsal dan karakteristiknya.

Di futsal/mini soccer Indoor mengenal sepatu jenis Sol IC dan TF. Sepatu dengan SOL IC dan TF ini sebenarnya adalah bagian dari salah satu dari ke empat macam jenis SOL sepatu bola. Lebih tepatnya mereka adalah bagian dari jenis sepatu out sol AG (Artificial Ground) / IN (Indoor).

Sepatu Futsal SOL  IC

Sol IC sendiri adalah akronim dari “Indoor Court “. Sepatu yang menggunakan sol ini pada dasarnya digunakan untuk lapangan indoor berlantai halus (matras), tidak memiliki stud, bahan outsolenya  biasa terbuat dari rubber (karet).  Jenis sepatu yang menggunakan sol Indoor Court ini selanjutnya lebih populer kita dengar dengan nama SOL IC/ IN Indoor.

Walaupun sebenarnya untuk lapangan berlantai halus, saat ini sudah umum kita lihat para pecinta futsal juga memakai sol jenis ini pada rumput sintetis. Hal Ini dikarenakan saat ini Sepatu futsal Sol IC lebih mudah ditemui dari pada sol TF. Namun penggunaan sepatu futsal Sol IC di lapangan dengan rumput sintetis memiliki resiko cengkraman yang tidak maksimal sehingga menyebabkan pergerakan tak jarang menjadi kurang seimbang karena tapakan kaki terlalu licin.

Sepatu Futsal SOL TF



SOL TF adalah kependekkan dari “Turf”. Sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan untuk lapangan indoor dengan rumput buatan. Pada sol TF biasanya memiliki stud/pul kecil-kecil yang banyak, hal ini dimaksudkan untuk menambah daya cengkram sepatu pada lapangan rumput. Bahan outsole-nya biasanya terbuat dari rubber (karet). Jenis sepatu yang menggunakan Sol Turf ini juga dikenal sebagai SOL TF/TT/Turf. Penggunaan sepatu futsal sol tf di lapangan matras.vynil juga tak jarang bisa menghambat akseleritas pemain karena cengkraman stud yang terlalu lekat.

Jadi sudah tahu jenis sepatu yang cocok di tempat latihan kamu?

Other Articles

sekolah bola artikel
sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply