Pandemi virus corona, Covid-19 memang sangat berimbas kesegala sendi kehidupan. Banyak aktifitas yang terbatasi demi menekan angka penyebaran infeksi virus agar tidak meluas. Hal tersebut tentu berdampak besar bagi masa depan termasuk masa depan sepak bola karena kapan wabah ini akan berakhir kapan juga belum tahu sampai sekarang.

Terhitung hampir 3 Bulan sudah semua aktifitas klub olahraga dunia dan Indonesia termasuk klub anak dan remaja, itu juga terjadi dengan ANFA Futsal Academy dan Proball Mastery yang menghentikan aktifitas latihannya. Rasanya sangat rindu untuk bisa kembali bertemu dengan anak-anak dan merasakan atmosfer latihan yang seru dan menyenangkan.

Saat ini saya dan banyak pelatih klub futsal atau akademi sepakbola lainnya mencoba untuk berbagi materi melalui media online memanfaatkan teknologi yang sudah ada seperti social media, harapannya agar anak-anak tetap termotivasi dan tetap menjaga asanya untuk berlatih olahraga (futsal/sepakbola) yang di sukainya, dan tentunya juga membantu mereka untuk bisa berlatih di ruang aman (rumah).

Ada kekhawatiran tentang efek setelah pandemi ini, yaitu adalah tentang pertumbuhan sepakbola dan futsal akar rumput (usia dini) yang saat ini sedang mencoba survive akibat keadaan krisis karena pandemi, serta juga bagaimana harus mempersiapkan tantangan kedepan pasca pandemi, yang tentunya akan lebih dinamis. Karena akan banyak yang berubah dan tak sama lagi setelah pandemi ini selesai. Mulai dari sisi teknis klub/akademi maupun dinamika sosial masyarakat yang terbentuk pasca pandemi ini.

Saya tetap percaya bahwa Sepakbola akar rumput (usia dini) tentunya bisa berinovasi untuk menjawab tantangan ini, karena Sepakbola akar rumput adalah pondasi dasar suatu Negara untuk meraih prestasi yang baik kedepannya. Walau terkadang ada beberapa negara yang tidak membina sepakbola/futsal akar rumputnya dengan baik. Maka dari itu di perlukan juga untuk kembali menjalin dan menguatkan jejaring antar klub/akademi usia muda untuk bisa saling memberikan support dan informasi serta saling memberikan input untuk berinovasi bersama.

Kita semua tentunya ingin pandemi ini cepat berakhir dan bisa kembali beraktifitas kembali seperti biasa, walau seperti yang saya utarakan sebelumnya semua tidak akan sama seperti dahulu sebelum pandemi, tapi semua bisa membaik atau mungkin lebih baik dari sebelumnya, itu semua tergantung kita yang menentukan melalui proses pembelajaran dan inovasi yang bisa kita ciptakan untuk klub/akademi masing-masing.

Jangan lupakan Sepakbola/fusal Akar Rumput (usia dini) adalah penjaga harapan anak-anak di seluruh belahan dunia untuk bisa meraih mimpinya untuk bermain dan berkarya di lapangan.

Tetap Semangat untuk kita semua.

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply