Bulan ramadhan telah tiba, berpuasa selama bulan ini pun adalah salah satu ibadah yang akan dijalankan. Tahukah anda, berpuasa adalah salah satu cara untuk melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun proses detoksifikasi ini tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat selama puasa. Menjaga tubuh tetap fit dengan tetap menjalankan gaya hidup sehat selama berpuasa adalah salah satu keharusan untuk menjaga ibadah puasa tetap berjalan lancar.

Berikut ini kami rangkum tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan tetap fit selama berpuasa.

1. Jangan lewatkan Sahur

Sama seperti sarapan pagi, sahur adalah bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka. Jaga asupan makanan yang anda konsumsi saat sahur. Konsumsilah juga sayuran dan buah-buahan, karena dengan mengkonsumsi makanan tersebut, maka akan memenuhi kebutuhan vitamin dan sebagai pengganti suplemen. Vitamin dan mineral diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga bisa membuat anda tetap fit untuk berpuasa.

2. Tetap Minum air putih yang cukup

Disaat berpuasa, tubuh kita rentan mengalami dehidrasi maka dari itu kamu harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu. Karena Sebagaian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari. Anda bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap terhidrasi.

3. Makan secukupnya

Selama Ramadan, waktu yang paling dinanti adalah waktu berbuka. Namun sayangnya banyak orang yang “kalap” ketika menyantap hidangan berbuka. Langsung memakan banyak makanan saat berbuka akan membuat perut kembung dan begah. Itu sebabnya berbuka puasalah dengan makan secukupnya.

Anda bisa makan secara bertahap, saat berbuka makanlah makanan yang ringan seperti salad buah, es buah, kurma, atau air putih. Nah selang beberapa jam kemudian, barulah makan besar.

4. Kurangi dan hindari stress

Salah satu penelitian mengatakan bahwa stres bisa memengaruhi kesehatan pencernaan Anda, khususnya usus. Para peneliti berpendapat bahwa stres bisa membuat usus meradang yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatis yaitu sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus.

5. Istirahat dan olahraga yang cukup

Kurang istrihat atau sering bergadang berpotensi terhadap berbagai gangguan kesehatan seperti mengantuk, tubuh lemas, pusing, hingga sakit kepala. Memperbaiki waktu tidur menjadi salah satu yang dianjurkan terutama di saat berpuasa. Atur kembali jadwal istirahat anda di malam hari, jangan sampai anda melewatkan sahur atau malah bergadang menunggu waktu sahur.

Selain itu, dianjurkan juga untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin dengan jumlah dan waktu yang disesuaikan atau dengan dengan melakukan olahraga dengan intensitas rendah seperti jalan santai, peregangan ringan, atau sekedar melakukan dribbling ringan.

Mungkin ada yang sedikit berbeda pada momen suci ini, puasa wajib umat muslim ini dilakukan di tengah wabah pandemi virus corona (COVID-19). Maka dari itu kita harus semakin peduli dengan kesehatan diri kita, karena disaat tubuh sehat, maka waktu untuk bekerja, belajar dan beribadah pun, akan semakin banyak. Jangan sampai ibadah saat bulan puasa jadi terganggu dengan sakit.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Other Articles

sekolah bola artikel
Uncategorized

Leave a Reply