Disaat pandemi covid-19, gaya hidup sehat sangat butuh untuk diterapkan oleh semua orang, agar bisa meminimalisir resiko terdampak virus tersebut. Karena dengan gaya hidup sehat, kita bisa menjaga sistem imun kita untuk lebih siap dan mencegah infeksi langsung dari bakteri atau virus yang bisa menyebabkan penyakit.

Membiasakan pola hidup sehat pada anak-anak bisa jadi tantangan tersendiri untuk orangtua. arena si Anak masih selektif terhadap makanan dan lebih asyik bermain. Namun dengan urgensinya saat ini, penerapan pola hidup sehat sangat penting untuk dilakukan oleh semuanya. Jadi anda bisa menemukan cara yang menyenangkan untuk mengajarkan anak memulai pola hidup sehat.

Berikut ide mengajarkan hidup sehat pada si Anak dengan cara yang menyenangkan.

1. Biasakan minum air putih

Minuman yang paling familiar dengan keseharian si Anak adalah susu, air putih, dan jus buah. Untuk tetap menjaganya terbiasa hidup sehat, hindari menyediakan minuman lain di rumah. Saat ia haus dan mencari minum, berikan air putih.

Anda juga bisa selalu dekatkan botol minum kesukaannya berisi air putih di sekitar area bermainnya. Untuk membuatnya semangat minum air putih, anda dapat membelikan gelas atau botol air minum lucu yang bergambar tokoh animasi favorit atau memiliki motif unik lainnya. Ingat anak perlu minum air putih minimal 7-8 gelas per hari.

2. Kurangi paparan gadget

Sekarang ini gadget menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mungkin untuk sesaat terlebih saat menjalani Work From Home, anda akan merasa tertolong, karena si Anak aman di tempat karena asyik bermain gadget. Tapi jika ini dijadikan kebiasaan, ia bisa kecanduan dan kurang beraktivitas fisik.

Ketimbang menahannya dengan gadget, mengajak ia memasak atau melakukan pekerjaan rumah lainnya bisa menjadi pilihan. Ia jadi lebih banyak bergerak dan mengeksplor hal baru. Kebiasaan bergerak ini akan dibawa sampai dewasa kelak. Si Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang aktif dan enerjik.

3. Ajak olahraga ringan setiap hari

Dalam keadaan social distancing saat ini, aktivitas di luar rumah harus sebisa mungkin diminimalisir atau dihindari. Namun itu bukan berarti anda dan anak anda juga stop untuk berolahraga. Olahraga jangan selalu diartikan sebagai aktivitas berat, karena dengan olahraga berlebihan kondisi anda atau anak anda bisa jadi menurun. Aktifitas seperti lompat tali atau yoga bisa menjadi olahrag menyenangkan bersama anak. Bermain passing game kecil juga bisa sangat menyenangkan bagi anak dan anda. Tentunya akan menjadi quality time moment yang bisa membuat hubungan anda semakin erat bersama anak.

4. Membiasakan anak cuci tangan sebelum dan setelah beraktifitas

Mencuci tangan dengan sabun terbukti bisa membunuh kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit. Tanpa mencuci tangan kuman,bakteri dan virus tersebut bisa lebih cepat masuk ke dalam tubuh melalui tangan si kecil, baik itu melalui kontak langsung mulut, hidung, mata dll. Terlebih dalam situasi seperti ini, membiasakan anak mencuci tangan setelah beraktifitas atau sebelum beraktifitas sangat penting untuk di biasakan.

5. Biasakan makan tepat waktu

Makan tepat waktu ternyata banyak manfaatnya lho, Ma! Pertama, kita jadi terbiasa disiplin dan menghargai waktu. Kedua, menghindari nafsu makan berlebih yang membuat kita kalap. Terlambat makan membuat rasa lapar meningkat dan otak seperti mengirim sinyal untuk melahap lebih banyak makanan.

Jam makan yang selama ini kita kenal yaitu 7-12-7, adalah pola yang sesuai. Pola 7-12-7 artinya sarapan maksimal pukul 07.00, makan siang sekitar jam 12.00, lalu santap malam pada pukul 19.00. Dengan melaksanakannya secara teratur, tubuh kita akan lebih mudah menjalankan metabolisme dan mengantisipasi nafsu makan berlebih.

6. Cukupkan istirahat

Anak anda mungkin mulai susah disuruh istirahat. Namun, tubuh perlu banget mendapat waktu untuk istirahat. Tidur tepat waktu, sebaiknya tidak lebih dari pukul 21.00 akan membuat tubuh si Anak bugar esok paginya dan menjadi bersemangat untuk sekolah.

Nah, untuk membiasakan pola istirahat ini, anda juga harus mencontohkannya. Ada hari untuk bekerja keras dan ada hari untuk beristirahat. Dan beberapa point ini juga harus dilakukan oleh kedua orang tua ya, karena pengasuhan adalah tanggung jawab bersama.

Other Articles

sekolah sepak bola
sekolah bola artikel

Leave a Reply