Menggiring bola, melewati beberapa pemain dan melakukan tendangan ke sudut sempit kemudian di akhiri oleh selebrasi keren kehadapan supporter. Atau momen di mana mencetak gol dengan menyambut umpan lambung dengan gaya tendangan akrobatik. Namun kita juga sering menemukan dimana tak jarang pemain menyiakan peluang emas untuk mencetak gol, sampai blunder fatal yang mengakibatkan kerugian bagi tim.Atau momen comeback yang selalu menjadi pemacu adrenalin semua pemain. Semua hal itu berkaitan dalam satu faktor, Yaitu Mental.

Mental pemain merupakan salah satu faktor yang bisa menjadi pembeda dalam sebuah pertandingan bahkan bisa berperan dalam penentu karier seseorang. Mental sangat berperan dalam perkembangan seorang pemain, khususnya pemain muda.

Menurut Psikologis olahraga, Dr. John Bartholomew dan Dr. Esbelle Jowers dari Universitas Texas sepakat kalau atlet kelas dunia memadukan kekuatan fisik dan mental sebagai rahasia prestasi yang mereka raih.Sebuah pertandingan adalah momen bagi atlet untuk memaksimalkan apa yang mereka lakukan saat latihan, dan mental berpengaruh besar di sini. Mental dapat membantu mengeluarkan respon natural berdasarkan latihan dan pengalaman yang sudah di dapatkan, serta mengoptimalisir kemampuan terbaik dalam diri seorang pemain.

Mereka yang kuat secara mental tak akan terpengaruh perubahan drastis keadaan yang  tengah menimpa mereka. Orang-orang yang sudah ditempa sedemikian keras akan mampu bertahan dari segala sulitnya kehidupan dan mampu beradaptasi dengan cepat.

Menurut pakar kinesiologi, Gaetan Boutin, menuliskan terdapat lima teknik yang biasa dilakukan atlet/calon atlet profesional untuk membangun kekuatan mental dan penampilan juara:

1.Menerima Kegagalan

Kegagalan adalah cara membangun diri terhebat yang pernah ada. Tanpa kegagalan, pesepakbola tak akan pernah mendorong dirinya terlalu keras.Saat kalah, pesepakbola akan mencoba mencari tahu mengapa ia bisa gagal, dan bagaimana mencegah agar kegagalan itu muncul kembali.

2.Latihan Mental

Bagi pesepakbola, latihan mental adalah memvisualisasikan latihan yang sudah dijalani ke dalam otak, sehingga saat tiba waktunya pertandingan, sang pemain sudah tahu harus melakukan apa. Sebenarnya tidak ada yang namanya benar-benar bakat, yang ada hanyalah kita yang terus berlatih dan mencoba.

3.Membayangkan Kesuksesan

Membayangkan sesuatu kesuksesan bisa memacu kita untuk meraihnya dan juga meningkatkan moral kita untuk lebih percaya diri dan percaya dengan tim kita. Hal ini akan membawa energi positif sehingga anda dapat mendapatkan hasil maksimal.

4. Menetapkan Tujuan

Dalam olahraga, ada istilah semakin banyak anda berdarah saat latihan, semakin sedikit darah yang dikeluarkan saat pertarungan yang sebenarnya. Anda harus tetap fokus saat berlatih dengan cara menetapkan tujuan. Buat target dan kapan harus diselesaikan. Target-target itu dapat menjadi pengingat dan pemberi motivasi untuk mendapatkan kemajuan.

5. Dukungan tim

Kekuatan mental bisa didapat dari luar diri. Seseorang yang tepat di dekat Anda adalah cara terbaik mendapatkan sukses. Memiliki orang-orang yang mampu mendukung Anda seperti keluarga, kerabat, teman, sahabat, adalah salah satu cara bagaimana tujuan Anda dalam hidup bisa tercapai.

Mental bisa membuat anda semakin kuat setiap harinya,  namun mesti diingat juga manusia memiliki limit jadi disaat anda merasa mental anda mulai menurun tidak ada salahnya untuk mendapatkan break time bahkan bantuan profesional untuk kembali membuat kondisi mental anda membaik.

Other Articles

sekolah sepak bola
sekolah bola artikel

Leave a Reply