Musim liburan telah tiba, momen dimana banyak orang lebih banyak menghabiskan waktunya bersama dan sedikit mengendurkan rutinitas sehari-hari. Momen liburan juga menjadi momen yang di nantikan oleh anak-anak, karena mereka akan melepas penat sejenak dari rutinitas belajar. Nah, momen liburan identik dengan berwisata dan bersantai. Walaupun begitu, jangan sampai liburan juga membuat anda libur juga dari berolahraga.  Olahraga tetap sangat mungkin rutin dilakukan saat liburan. Bahkan jika Anda sedang dalam perjalanan tamasya bersama keluarga. Meski terikat dengan jadwal padat, liburan bukan alasan bagi Anda absen olahraga.

Anda sebaiknya tetap mengatur waktu untuk berolahraga bersama, terutama dengan anak-anak. Sebab, kebiasaan mager saat liburan panjang dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko obesitas pada anak. Berikut kami akan berikan tips dan ide tetap olahraga saat liburan yang mudah diterapkan agar Anda sekeluarga tetap bisa aktif saat liburan.

1. Bawa Perlengkapan Olahraga saat berlibur

Membawa perlengkapan olahraga ke destinasi wisata yang akan Anda kunjungi, adalah ide yang bagus. Karena ini bisa membuat liburan anda lebih berwarna, selain menjaga tubuh anda tetap bugar. Perhatikan juga barang olahraga untuk pasangan dan anak Anda. Contoh barang-barang yang bisa anda bawa adalah:

  • Sepatu atletik
  • Baju olahraga
  • Baju renang
  • Lompat tali
  • Matras yoga

2. Perbanyak Berjalan kaki

Jika anda mendatangi sebuah objek wisata melalui jalur darat, tentunya waktu anda akan lebih banyak di habiskan di dalam mobil (jika menempuh jarak antar kota). Berjalan kaki itu menyehatkan dan bisa menjadi pilihan anda untuk meregangkan otot yang kaku karena berjam-jam duduk di dalam kendaraan. Berjalan kaki juga bisa tambah menyenangkan karena kita bisa lebih dalam menjelajahi tempat wisata yang kita datangi.

3. Olahraga sambil Main Game

Jika anda lebih banyak menghabiskan waktu liburan di rumah, dan anak anda masih bersantai karena libur sekolah dan aktifitas lainnya, sehingga membuat mereka lebih leluasa bermain game. Anda tidak perlu susah payah membujuk anak Anda untuk berolahraga. Jika anak sedang asyik bermain gim konsol, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bergabung bersama mereka.

Suasana liburan akan semakin menyenangkan jika Anda sekeluarga bermain bersama, terutama permainan yang membutuhkan gerakan fisik. Anggaplah kegiatan itu sebagai olahraga saat liburan.

Pilihlah permainan yang berbau olahraga, seperti “Bowling” atau “Just Dance”.

4. Olahraga dan berbaur dengan alam

Jika panas matahari tak terlalu menusuk kulit, ajak anggota keluarga Anda mendaki bersama sebagai pilihan olahraga saat liburan di luar kota. Kegiatan ini selalu menyenangkan dan membangkitkan adrenalin, terlebih jika dilakukan bersama.

Jika Anda bepergian bersama bayi atau balita, Anda mungkin memerlukan ransel bayi dengan pelindung matahari dan kantong botol air. Anda bisa menggendong si kecil di ransel tersebut sambil menikmati perjalanan mendaki dengan gembira. 

Persiapan

Ketika Anda dan keluarga tiba di lokasi liburan, mulailah dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki untuk memeriksa keadaan. Jika tidak memungkinkan, jadwalkan di hari lain dan jadikan hal itu sebagai kegiatan wajib dalam liburan.

Ingat!

Jangan memaksakan keadaan

Jika Anda dan keluarga mengalami kelelahan atau bahkan jetlag setelah menempuh perjalanan jauh menuju lokasi liburan, jangan memaksakan diri untuk berolahraga. Perjalanan bisa mengganggu jadwal tidur dan makan Anda. Karena itu, tentukan waktu terbaik untuk berolahraga demi kebugaran Anda sekeluarga.

Selamat Berlibur dan menikmati waktu bersama.

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola
sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply