Akademi Futsal Jakarta  – Sekilas, futsal mirip dengan sepak bola. Begitu pula dengan teknik-tenik dasarnya, seperti dribbel, shooting, dan passing walau sebenarnya membutuhkan adaptasi di karenakan faktor fisik lapangan. Yak, mungkin secara kasat mata perbedaannya hanya satu itu yaitu,  luas lapangan. Luas lapangan futsal yang tentu jauh lebih kecil daripada lapangan sepak bola profesional menuntut para pemainnya untuk memutar otak guna merancang strategi berbeda dan beradaptasi untuk mengaplikasikan teknik-teknik dasar bagi seorang yang sudah terbiasa bermain sepakbola.

Mengingat strategi dan situasi lapangannya yang berbeda, pemain futsal juga diwajibkan memiliki set kemampuan alias skill individu yang berbeda dari pemain bola. Kamu mau tahu bagaimana caranya? Nah, begini cara yang baik untuk menguasai dan mengasah skill futsal kamu .

 

  1. Teknik passing atau mengumpan bola

Dalam setiap permainan bola, setiap pemain wajib menguasai teknik mengumpan bola. Pasalnya, teknik mengumpan yang baik memiliki peranan vital dalam permainan futsal, karena selain untuk mendominasi alur pertandingan, ini juga membantu para pemain untuk membangun variasi serangan.

Cara mengumpan bola dengan baik dan benar dalam teknik passing futsal ini terdapat beberapa macam di antaranya, passing menggunakan sisi kaki bagian dalam, luar dan dengan menggunakan tumit.

  1. Teknik menahan bola atau control

Dalam permainan futsal, teknik yang juga sangat penting untuk dikuasai yaitu kemampuan menahan atau mengontrol bola. Controlling adalah salah satu teknik dasar dalam permainan yang dimiliki seorang pemain saat menerima bola umpan dari temannya agar mampu dihentikan dan dikuasai dengan baik. Kuasai teknik ini untuk meningkatkan skill bermain futsal Anda.

Cara mengontrol bola yang benar bisa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar atau dengan telapak kaki bagian dalam. Selain memakai kaki, pemain bisa juga mengontrol bola dengan dada, paha dan anggota tubuh lainnya (selain tangan) untuk menghentikan dan melakukan kontrol terhadap pergerakan bola. Cara kontrol bola yang paling sering dipakai dalam pertandingan adalah mengontrol dengan telapak kaki, sehingga skill pemain untuk menguasai teknik ini menjadi hal yang mutlak dibutuhkan.

Semakin bagus kemampuan pemain dalam mengontrol bola dengan benar, maka semakin pendek jarak pantulan bola. Lekatkan bola sedekat mungkin dengan tubuh Anda sehingga pihak lawan akan sulit ‘mencuri’ dan merebut bola dari penguasaan Anda.

Ada beberapa tips yang perlu dicermati dalam mengontrol bola dengan kaki saat bermain futsal, di antaranya adalah:

  • Pasang mata dan waspada terhadap arah datang bola
  • Pada saat bola akan menghampiri Anda, tetap jaga keseimbangan
  • Agar mampu menguasai bola dengan mudah, lakukan kontrol dengan menggunakan telapak kaki (sole)
  1. Teknik bola lambung

Pada pertandingan futsal, teknik ini hampir sama seperti passing hanya bedanya terletak pada chipping memakai kaki bagian atas ujung sepatu dan ditendang mengenai bagian bawah bola. Chipping adalah teknik permainan yang dilakukan untuk melambungkan bola agar naik ke atas saat ditendang dengan ujung kakinya sehingga mampu melewati pemain lawan.

Teknik melambungkan bola ini dapat dipakai untuk mengumpan bola kepada teman satu tim maupun untuk mengelabuhi pemain ketika berhadapan satu lawan satu dan bisa juga untuk memasukkan bola ke gawang lawan ketika berhadapan langsung dengan penjaga gawang.

  • Posisi bola berada di depan kita
  • Tempatkan kaki yang dijadikan tumpuan di samping bola
  • Kaki untuk menendang ditarik ke belakang lalu ayunkan ke depan
  • Saat melakukan tendangan tempatkan ujung kaki pada bagian bawah bola
  • Ayunkan dan angkatlah bola ke depan
  • Biarkan gerakan kaki tetap mengayun ke depan mengikuti arah bola
  1. Teknik dribbling atau menggiring bola

Dribbling adalah teknik dasar dalam permainan dimana seorang pemain memiliki kemampuan dalam menguasai bola untuk mengecoh lawannya. Teknik menggiring bola pada futsal maupun sepak bola bisa dilakukan dengan cara berlari, berjalan, berputar ataupun berbelok dengan kemampuan yang dimilikinya agar jangan sampai lawan dapat merebut bola dari penguasaan kita.  Pada saat pertandingan berlangsung teknik dribbling dibutuhkan untuk melewati pemain lawan dan mengarahkan bola menuju ruang kosong serta membuka peluang untuk melakukan tendangan ke arah gawang.

Penguasaan terhadap teknik dribbling dengan baik merupakan seni tersendiri dalam bermain futsal dimana kelenturan dan keseimbangan mutlak diperlukan oleh setiap pemain. Cara untuk melakukan teknik dalam menggiring bola (dribbling) dengan baik ada beberapa teknik yaitu:

  • Dribbling dengan kaki sisi luar

Cara menggiring bola menggunakan teknik kaki bagian luar ini dilakukan untuk memperdaya pemain lawan ke arah samping kanan atau kiri pemain, tergantung kaki yang digunakan. Jika seseorang memakai kaki kanan bagian luar maka dia bisa mengecoh ke arah kanannya yaitu ke arah sebelah kiri dari pemain lawan dan begitu juga sebaliknya.

  • Dribbling dengan kaki sisi dalam

Pada permainan futsal seorang pemain dapat mengecoh lawannya dengan menggunakan teknik menggiring bola ini ke arah samping kiri jika dia menggunakan kaki kanan bagian dalam atau di sebelah samping kanan dari pemain lawan, begitu juga sebaliknya.

  • Dribbling dengan punggung kaki

Cara menggiring bola menggunakan bagian punggung kaki ini biasa dilakukan jika dalam kondisi lawan berada pada jarak yang cukup jauh dan tidak menghalangi gerakan Anda. Namun cara ini kurang begitu efektif untuk mengelabuhi lawan ke arah samping kanan maupun sebelah kiri.

Ada beberapa tips dan cara melakukan teknik dribbling dengan baik yang perlu diperhatikan oleh pemain, diantaranya adalah:

  • Sebisa mungkin untuk tetap menguasai bola dan menjaga jarak dengan pemain lawan
  • Tetap menjaga kelenturan dan keseimbangan tubuh saat melakukan gocekan
  • Menyentuh bola dengan menggunakan bagian telapak kaki secara berkesinambungan
  • Pandangan pemain harus tetap fokus saat bersentuhan dengan bola
  • Selalu siap dalam mengantisipasi pergerakan lawan untuk merebut bola dari penguasaan kita.
  1. Teknik shooting atau menembak bola

Dalam pertandingan futsal penting sekali bagi pemain memiliki kemampuan shooting yang baik terutama untuk pemain yang berada pada posisi depan. Teknik menembak bola adalah teknik dasar dengan melakukan tendangan keras ke arah gawang dengan tujuan untuk mencetak gol. Hal ini membutuhkan tendangan akurat agar menghasilkan posisi bola yang terarah pada tempat yang sulit dijangkau oleh kiper. Kuasai teknik ini untuk meningkatkan skill futsal Anda seperti Falcao.

Untuk melakukan shooting keras bisa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar maupun dalam pada posisi di dekat ujung kaki. Selain itu juga bisa memakai punggung kaki sebagai pilihan lain dalam melakukan shooting serta dapat pula pemain menggunakan ujung kaki atau sepatu yang mana hal ini bisa menghasilkan tendangan yang kencang dengan arah bola lurus ke depan.

Perlu sebuah upaya latihan yang serius dalam melakukan teknik shooting ini agar tendangan keras dan bola melaju dengan cepat.

  1. Jangan abaikan teknik heading atau menyundul bola

Pada permainan futsal teknik heading tidak terlalu sering digunakan selama pertandingan berlangsung karena ukuran lapangannya yang kecil sehingga lebih mendominasi bola-bola bawah melalui umpan pendek antar pemain.

Namun walaupun begitu teknik menyundul bola ini penting untuk dikuasai oleh para pemain futsal pada saat memainkan bola atas seperti ketika bola melambung di atas kepala baik itu untuk mengumpan kepada teman satu timnya maupun untuk memasukkan bola ke arah gawang.

Beberapa cara dan tips teknik heading yang perlu dipahami saat melakukan sundulan bola yaitu:

  • Setiap pemain perlu menyadari bahwa mereka melakukan sundulan bola bukan ditabrak oleh bola.
  • Tiap pemain harus mengetahui cara menyundul bola yang benar dengan menggunakan dahi bukan bagian ubun-ubunnya.
  • Pemain tetap membuka matanya ketika melakukan sundulan untuk memastikan bola disundul menggunakan dahinya.
  • Gigi dirapatkan, otot leher dikencangkan dan tempatkan posisi kepala pemain dengan benar agar sundulan lebih tajam dan akurat.
  • Sering melakukan latihan untuk menghasilkan kualitas sundulan yang berkualitas, akurat dan terarah pada titik sasaran.

 

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply