Sekolah Futsal Jakarta – Siapa sih yang tidak kenal futsal, olahraga satu ini sedang sangat di gandrungi khususnya oleh anak-anak muda. Futsal menjadi salah satu daya tarik bagi penyuka olahraga, sering disebut sebagai sepakbola dalam ruangan. Futsal adalah saudara muda Olahraga yang paling di gandrungi di seluruh dunia, yaitu Sepakbola. Jika sepakbola di mainkan oleh 11 pemain, maka olahraga futsal dimainkan oleh 5 orang, yang dimana setiap pemain akan menempati posisi masing-masing.

Apakah kamu sudah tahu, apa saja posisi-posisi dalam futsal? Berikut tim ProBall News akan menjabarkannya untuk kamu.

 

  1. Kiper

Kiper merupakan posisi futsal pertama yang perlu kamu ketahui. Sama seperti sepakbola, Kiper dalam futsal juga bertugas menjaga gawang dari kebobolan.

Ada beberapa hal unik yang dimiliki oleh seorang kiper futsal:

  • Kiper mengenakan warna baju yang berbeda dengan teman satu tim lainnya.
  • Jika pemain lain harus memakai celana pendek, maka kiper boleh memakai celana panjang.
  • Ada beberapa kiper yang menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangannya. Namun, hal ini tidak diwajibkan.
  • Sebagai seorang kiper, kamu harus mempunyai refleks yang baik dalam menangkap bola agar gawang tidak mudah kebobolan.

 

  1. Flank

Flank merupakan motor serangan sebuah tim futsal. Flank berada di samping. Selain bertugas sebagai motor serangan, flank juga bertugas menjadi penghubung antara anchor dan pivot.

Seorang flank dituntut untuk menciptakan peluang gol. Tidak heran jika posisi pemain sebagai flank menjadi senjata andalan tim untuk mencetak gol. Di sini nih kamu yang punya skill mumpuni boleh juga menjajal posisi ini. Karena  untuk mencetak gol, seorang flank harus mempunyai kontrol bola yang sempurna dan kecepatan yang baik.

 

  1. Anchor

Posisi selanjutnya adalah anchor. Anchor berada di depan kiper. Anchor mempunyai tugas ganda sebagai pemain bertahan dan juga pengatur serangan tim.

 

Seorang anchor bertanggung jawab untuk mengamankan daerah pertahanan sebelum penjaga gawang. Dalam hal menyerang, anchor menjadi pemain pertama yang memulai serangan.

Berhubung tugasnya mempertahankan dan menyerang, seorang anchor harus punya skill penguasaan bola yang baik dan mampu mengontrol permainan.

 

  1. Pivot

Posisi terakhir dalam olahraga futsal yaitu pivot. Pivot juga bertugas sebagai pemain yang memimpin serangan, dan memulai pertahanan. Tugas utama mereka adalah mengacaukan pertahanan lawan dan menjadi titik pusat dari serangan.

Untuk menjadi pivot, kamu harus memiliki keseimbangan badan yang bagus dan insting yang baik agar dapat mencetak gol.

 

Berikut Contoh penempatan dalam strategy board tim futsal :

Berdasarkan gambar diatas, kamu dapat melihat posisi seorang kiper, anchor, flank dan pivot. Dan ini juga tentunya bisa disesuaikan dengan gaya bermain dan juga strategi yang di miliki oleh pelatih, agar tim meraih hasil maksimal.

 

Jadi, dengan mengenali posisi dan peran masing-masing, maka sebuah tim futsal akan berjalan dengan baik, karena semua pemain mengerti perannya masing-masing.

Kalau kamu posisinya apa?

Yuk, latih skill kamu di ProBall Mastery, sekolah khusus untuk tingkatkan kemampuan individual skills.

 

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola
sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply