Soccer School Jakarta – Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Mbappe, Eden Hazard, sampai pemain yang menyatakan pensiun musim ini Arjen Robben adalah beberapa nama pemain sepakbola yang dikenal kecepatannya dan kelincahannya dalam berlari dan menggiring bola. Bak seorang seniman, mereka selalu mempertontonkan kecepatan dan kelincahan dalam lapangan hijau, tak jarang kecepatan dan kelincahan mereka menjadi senjata utama untuk mengecoh bek lawan dan menjadi pembeda bagi tim dan negara yang mereka bela. Semua akademi dan Sekolah Sepakbola memiliki agenda untuk melatih kecepatan dan kelincahan sedari usia dini.

Kecepatan dan kelincahan adalah sebuah atribut penting bagi seorang pemain sepakbola dan futsal. Memiliki kecepatan dan juga kelincahan adalah hal yang penting untuk bisa menjadi pemain yang handal dalam tim. Tim dengan pemain handal akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa memenangkan pertandingan. Beberapa pemain dalam tim harus memiliki kelincahan dan kecepatan yang sangat baik agar dapat membantu tim mencapai kemenangan seperti pemain yang berada di posisi penyerang atau sayap.

Kecepatan dari pemain sepakbola berbeda dengan pelari jarak cepat biasa. Hal ini karena pemain sepak bola tidak akan berlari dengan dribbling sangat cepat hingga mencapai 100 meter atau lebih. Paling jauh, pemain sepak bola akan berlari mencapai 10 atau 20 meter saja. Sehingga hal yang penting adalah bagaimana pemain dapat meningkatkan kecepatan atau berakselerasi agar dapat mencapai kecepatan yang maksimal dalam waktu yang singkat. Seseorang dikatakan lincah  jika dia mampu mengubah arah gerakannya dengan sangat cepat tanpa kehilangan keseimbangan. Kelincahan merupakan salah satu komponen motorik yang sangat diperlukan untuk pemain sepak bola.

Sama seperti keahlian yang lainnya, keahlian ini bukan sesuatu hal yang turun dari langit. Di butuhkan latihan intens untuk menguasai teknik kecepatan dan kelincahan. Berikut adalah jenis-jenis latihan yang bisa kamu coba untuk melatih kecepatan dan kelincahan kamu.

 

  1. T-Sprint

Pertama-tama, tempatkan empat batas sesuai bentuk huruf T–satu di ujung kiri (batas A), satu di titik tengah yang mempertemukan garis vertikal dan horizontal huruf T (batas B), satu di ujung kanan (bayas C), dan satu di ujung bawah (batas D). Jarak batas A-batas B dan batas B- batas C adalah 5 meter. Jarak antara batas B- batas D adalah 10 meter.

Lakukan sprint mengikuti pola batas D- batas A- batas C- batas B- batas D. Di tiap titik, kamu harus menyentuh batas dengan tangan kamu. Setelah satu putaran, istirahat 1 menit kemudian ulangi.

 

  1. Berlari zig-zag

Untuk melatih kecepatan, kamu bisa mencoba menggiring bola sambil berlari zig-zag melewati suatu rintangan, seperti melewati tiang atau patok. Tempatkan 10 batas atau tiang fleksibel dengan jarak sekitar setengah meter antara satu sama lain. Lakukan lari zig-zag melewati batas atau tiang ini secepat mungkin. Sebaiknya jangan berlari terlalu lebar (menjauhi) atau melakukan putaran berlebihan saat akan mengubah arah dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Kamu disarankan untuk melakukan sidestep sehingga perubahan arah lari hanya memakan waktu singkat. Agar lebih menantang, lakukan sambil menggiring bola.

 

  1. Broken 100-Yard Sprints

Latihan ini mengharuskan kamu untuk lari dari batas ke batas dalam gerakan bolak-balik. Gerakan ini kamu lakukan hingga kamu telah berlari menempuh sekitar 100 meter. Tempatkan 5 batas dengan jarak 1 meter tiap batasnya. Kemudian mulailah berlari dari batas pertama ke batas kedua. Kemudian kembali ke batas pertama, selanjutnya lari ke batas ketiga. Segera berlari ke batas pertama dilanjutkan ke batas keempat. Kembali lagi ke batas pertama kemudian lari ke batas kelima. Ulangi dari awal dan ulangi terus hingga kamu menempuh total 100 meter.

 

Selain berlatih dengan teknik diatas, kamu juga harus memperhatikan prinsip atau teknik menggiring bola seperti tetap dalam penguasaan, mengiring dengan kaki dan kecepatan menggiring bola. Latihan merupakan upaya untuk mempertajam teknik sepak bola kamu yang berkaitan dengan kelincahan. Cobalah lakukan secepat mungkin dengan fokus dalam mengubah arah lari kamu sesingkat mungkin.

Selain untuk mengasah skill kamu, teknik latihan ini juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan menjaga kebugaran tubuh, karena latihan ini bisa membuat kamu bergerak aktif.

Metode latihan ini juga di terapkan di ProBall Mastery Soccer School Jakarta, sebagai menu rutin setiap latihan. Karena ProBall Mastery sangat berfokus untuk pengembangan skill olah bola dan penguasaan bola dari setiap individu. Agar kelak mereka siap berkompetisi dan menjadi pembeda dalam timnya masing-masing.

Yuk ambil sesi FREE TRIAL kamu, disini.

Other Articles

sekolah bola artikelsekolah sepak bola
sekolah bola artikelsekolah sepak bola

Leave a Reply