Pada ajang Piala Dunia, Miroslav Klose merupakan pemain tertajam. Di Brasil, lima tahun lalu, dia melewati Ronaldo Luiz Nazario de Lima dengan mencetak gol ke-16 ke gawang Tim Samba. Namun, rekor itu kini telah dilewati bintang Brasil lainnya, Marta Vieira da Silva.

Rabu (19/6/2019) dini hari WIB, Marta secara resmi melewati torehan 16 gol Miroslav Klose di Piala Dunia. Sebuah gol yang dijaringkan dari titik penalti ke gawang timnas wanita Italia pada laga pamungkas fase grup Piala Dunia Wanita 2019 membuat koleksinya kini berjumlah 17 gol.

Timnas wanita Brasil mendapatkan penalti pada menit ke-72 setelah Elena Dibari melanggar Debinha di kotak terlarang. Marta yang sebelumnya juga mencetak gol dari titik putih saat kalah dari timnas wanita Australia tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Dia mampu memperdaya kiper Laura Giuliani.

Gol itu pun sangat berarti bagi timnas wanita Brasil. Gol tunggal Marta membawa mereka menang 1-0 dan memastikan lolos ke fase gugur sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. Mengenai hal tersebut, pemain berumur 33 tahun itu agak kecewa. Pasalnya, dia ingin timnya jadi juara grup.

“Kami sesungguhnya menargetkan posisi puncak di grup. Namun, ini adalah Piala Dunia,” ucap Marta selepas pertandingan seperti dikutip Football5Star.com dari CNN.

Pemain Orlando Pride itu lebih lanjut mengatakan, “Sekarang, kami tak peduli siapa yang akan menjadi sandungan. Kami tak dapat memilih. Satu hal yang pasti, kami telah menuntaskan misi lolos ke babak berikutnya. Sekarang, saatnya bersiap dan coba melangkah lebih jauh.”

Sebagai peringkat ke-3 Grup C, timnas wanita Brasil dipastikan bertemu lawan berat pada babak 16-besar. Marta dkk. akan bersua timnas wanita Prancis, sang tuan rumah yang menjadi juara Grup A atau timnas wanita Jerman yang menjuarai Grup B.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia*
17 gol – Marta Vieira da Silva (Brasil)
16 gol – Miroslav Klose (Jerman)
15 gol – Ronaldo Luiz Nazario de Lima (Brasil)
14 gol – Gerd Mueller (Jerman), Birgit Prinz (Jerman), Abby Wambach (AS)

*Piala Dunia Pria dan Wanita

Other Articles

Uncategorized

Leave a Reply