Saat ini sepakbola indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan pembenahan, mulai dari pematangan pembinaan usia dini hingga evaluasi liga berjenjang di seluruh kelompok umur. Dibawah komando Direktur Teknik PSSI Danurwindo, kepengurusan PSSI 2016-2020 akan fokus menjadikan filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia) sebagai fondasi dan karakter sepak bola indonesia. sebagai mana yang dilansir pada laman resmi PSSI (www.pssi.org) “Filosofi ini akan memberikan panduan dalam hal lingkup sepak bola, seperti penjenjangan latihan berdasarkan usia, pengembangan teknik pemain, dan ciri-ciri bermain di lapangan. Perlu dicatat bahwa Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia ini bukan untuk menyeragamkan taktik setiap klub, namun ini akan menjadi ciri pemain Indonesia di pentas Internasional”.

Awal mula pembentukan filosofi ini melalui proses panjang sejak awal tahun 2017 yang mana gaya permainan sepak bola khas indonesia sudah menjalani studi, praktik lapangan, diskusi panel, dan seminar dengan seluruh pelatih Liga 1, praktisi olahraga, serta personel teknis lainnya.

Filosofi sepak bola indonesia (Filanesia) dirangkum dengan sistematis didalam buku yang diberi judul kurikulum pembinaan sepak bola indonesia, didalamnya dijelaskan lebih dalam mengenai mulai dari struktur permaninan sepak bola khas indonesia, pengelompokkan fase-fase latihan berdasarkan kelompok umur hingga tujuan dari sepak bola itu sendiri.

Buku Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia dapat diakses di disini , PSSI ingin semua masyarakat Indonesia terutama pelaku sepak bola tanah air dapat memahami Filanesia, pada akhirnya tujuan dari perumusan filosofi sepak bola indonesia adalah untuk meningkatkan level sepak bola indonesia menjadi lebih baik. pembenahan terus dilakukan, patut dinantikan hasil dari filosofi sepak bola indonesia yang semoga bisa membawa meningkatkan prestasi sepak bola indonesia.

Other Articles

sekola bola artikel
sekola bola artikel

Leave a Reply